Pengenalan Microsoft Office Word 2010
A. Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing.
1. Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
· Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
· Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
· Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
· Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
· Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2. Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari:
· Font : untuk memilih jenis huruf
· Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
· Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
· Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
· Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
· Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
· Bold : untuk menebalkan teks terpilih
· Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
· Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
· Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
· Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
· Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
· Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
· Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
· Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
3. Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
· Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
· Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
· Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
· Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
· Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
· Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
· Sort : untuk menyortir data
· Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
· Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
· Center : untuk mengatur teks rata tengah
· Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
· Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
· Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
· Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
· Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4. Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
· Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
· Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
5. Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
· Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
· Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
· Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
B. Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
1. Group Pages
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Pages :
· Cover Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
· Blank Page : untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
· Break Page : untuk memisah suatu halaman file dokumen
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
· Sedangkan Blank Page digunakan untuk membuat halaman kosong baru. Ini sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus pindah ke halaman baru, padahal baru setengah halaman yang terisi teks. Jadi user tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi MS. Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan efisien.
· Break Page sangat dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman. sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen teridiri dari 10 paragraf yang berjejal di satu halaman saja, terus user ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon Break page. Maka paragraf sesudah tanda kursor tadi akan berpindah ke halaman berikutnya. Bila dalam hal ini user menggunakan icon Blank Page, maka antara paragraf sebelum kursor dan setelahnya akan terpisah dengan satu halaman kosong.
2. Group Tables
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Tables :
· Insert Table : untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
· Draw Table : untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
· Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
· Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
· Quick Tables : untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Saat user meng-klik icon Table, akan muncul flyout yang berisi perintah-perintah tersebut dengan judul Insert table. Pada pilihan pertama terdapat built-in tabel. Disini user cukup memilih jumlah tabel dengan menggerakkan pointer secara diagonal dan diakhiri dengan klik kiri mouse untuk menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
· Insert Table… digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. User perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
· Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu tabel.
· Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke bawah.
· Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
· Quick Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut user dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
3. Group Illustration
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Illustration :
· Picture : digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
· Clip Art : untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
· Shapes : digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
· SmartArt : digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
· Chart : digunakan untuk menyisipkan diagram
· Screenshot : digunakan untuk mengambil gambar dari hasil print screen
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Picture merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya. Dengan ini user dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat user menggunakan perintah ini, user akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
· Clip Art digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang tergarap, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program. Namun demikian user dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation.
· Shapes digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut.
· SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis binatang melalui fasilitas ini.
· Screenshot digunakan untuk mengambil yang telah di printscreen dan masih tersmpan dalam clipboard, sehingga bila membutuhkan salah satu dari gambar tersebut bias diambil dari menu ini tanpa harus melakukan printscreen lagi.
4. Group Links
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Links :
· Hyperlink : digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
· Bookmark : digunakan membuat penanda buku
· Cross-Reference : digunakan untuk membuat referensi antar file
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Hyperlink digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih dengan file lain. Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web.
· Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini user diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
· Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
5. Group Header & Footer
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Header & Footer :
· Header : digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
· Footer : digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
· Page Number : digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Header digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
· Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
· Page Number digunakan untuk menseting dan memberi nomor halaman pada setiap halaman sesuai setingan yang telah dibuat.
6. Group Text
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Text :
· Text Box : digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
· Quick Parts : digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
· WordArt : digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
· Drop Cap : digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
· Signature Line : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
· Date & Time : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
· Object : digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Text Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
· Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
· WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
· Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
· Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
· Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
· Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
7. Group Symbols
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Symbols :
· Equation : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
· Symbol : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
C. Tab Page Layout ini digunakam untuk menseting halaman dari lembar kerja tersebut.
1. Group Themes
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Themes :
· Themes : digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
· Color : digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
· Fonts : digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
· Effect : digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Menu Themes menyediakan sejumlah bentuk tema halaman secara praktis. Dengan fitur ini user dapat dengan mudah membuat dokumen artistik tanpa harus profesional di bidang setting layout. Semuanya dilakukan dengan praktis dan efisien. Bisa dibayangkan bahwa melakukan setting halaman merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Anda perlu mengamati mana judul, mana subjudul, dan mana paragraf, kemudian harus mengklasifikasikan semuanya dari segi jenis huruf, ukurannya, bahkan warnanya supaya menjadi sebuah pembukuan yang tampil dengan sosok artistik. Namun fakta berbicara lain setelah Microsoft Corporation merekrut fitur yang satu ini ke dalam produk aplikasi perkantorannya tersebut. Semua hal yang sejatinya hanya mungkin dilakukan oleh layouter profesional, kini dapat dengan mudah dilakukan oleh orang yang tidak berlatarbelakang perbukuan. Di bagian ini pula user tinggal memilih salah satu tema yang diinginkan, maka program berjalan secara otomatis membantu Anda melakukan setting layout, bagian per bagian, bahkan halaman per halaman. user hanya perlu berkonsentrasi ke layar monitor dan naskah yang diketiknya.
· Sedangkan menu Colors berfungsi untuk memilih warna tema dengan urutan warna secara hierarkis. Pun juga, user dapat men-custom sendiri warna tema tertentu melalui menu ini. Berbeda dengan menu Themes, menu Colors hanya memungkinkan user untuk memilih jenis warna tema saja. Sementara di menu Themes adalah berisi pilihan yang mengatur jenis, warna, dan bentuk huruf; bentuk dan warna tabel; dan warna dasar dapat pula diatur dari menu ini.
· Menu Fonts secara spesifik digunakan untuk memilih tema huruf. User disediakan jatah tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen. Di samping itu, menu ini juga tidak lupa memberikan peluang bagi user penganut perfeksionisme untuk mengutak-atik sendiri tema huruf yang diinginkan.
· Menu Effects bergerak khusus di bidang pemberian tema efek terhadap objek geometris di halaman dokumen. Dengan ini user dapat memilih tema efek dengan nuansa warna yang telah dipilih di menu Colors. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa untuk membuat sebuah booklet yang aduhai tidak melulu terletak dalam aspek ide yang tertuang dalam tulisan tersebut. Justru seorang layouter perlu mendandani setiap objek di setiap halaman dengan efek yang sedap dipandang mata. Namun tampaknya falsafah MS. Word tak cukup sampai disitu. Susunan dan urutan warna bahkan juga diorientasikan untuk menjelaskan sebuah hierarkis. Di menu Effects ini user akan menemukan hal-hal tersebut, namun user juga diberi peluang untuk melakukan kustomisasi dalam bidang yang satu ini
2. Grup Page Setup
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Page Setup :
· Margins : digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
· Orientation : digunakan untuk mengatur posisi kertas.
· Size : digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
· Columns : digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
· Breaks : digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
· Line Numbers : digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
· Hypenation : digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Menu Margins digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen. Dengan menu ini user dapat mengatur sendiri ukuran batas teks sebelah kanan, kiri, atas, dan bagian bawah halaman. Di menu ini user telah disediakan bentuk margin bentuk standar. Namun user tetap berpeluang untuk melakukan kustomisasi terhadap file dokumen garapannya.
· Sedangkan menu Orientations digunakan untuk mengatur posisi kertas sesuai keinginan pengguna. Disini hanya terdapat dua pilihan, yaitu potrait untuk posisi kertas tegak dan landscape untuk posisi kertas datar.
· Menu Size digunakan untuk mengatur ukuran halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas yang nantinya akan dijadikan media cetak. Di menu ini user telah disediakan beberapa ukuran kertas standar namun ia tetap berkesempatan untuk mengkustomisasi ukuran sesuai dengan keinginan.
· Menu Columns digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen yang tengah digarap. Dengan menu ini user dapat menjadikannya dua kolom, tiga kolom, dll. Di bagian ini MS. Word juga memberikan satu peluang bagi user untuk melakukan kustomisasi terhadap kolom teks dari dokumen yang digarap.
· Menu Breaks digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Menu ini sejatinya sudah punya lokasi di ribbon Insert namun masih juga pesan tempat di ribbon Page Layout ini. Rupanya MS. Word punya setumpuk alasan mengapa menu ini muncul dua kali di tempat yang berbeda. di ribbon Insert icon ini berupa perintah langsung untuk memisahkan suatu halaman. Namun di ribbon Page Layout, icon ini justru berupa menu pilihan. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya.
· Line Numbers digunakan untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. Sering user dibuat kewalahan saat melakukan pengelompokan dua penomoran yang berbeda, namun nomornya justru berkelanjutan dari kelompok sebelumnya. Dengan menu ini user hanya perlu menyeleksi sekelompok baris penomoran, masuk ke menu ini dan klik perintah Restart Numbering, maka kelompok terseleksi tadi sudah menjadi dua kelompok penomoran yang berbeda. User juga bisa melanjutkan dari penomoran sebelumnya meskipun sudah terpaut beberapa paragraf lain.
· Sedangkan menu Hyphenation digunakan untuk memisah suku kata secara otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua suku kata) berada di akhir baris. Kolom yang sempit dan format teks rata kanan-kiri menyebabkan jarak antar kata kurang ideal. Apalagi didominasi kata kompleks. Hyphenation menangani perkara ini. Ia akan melakukan idealisasi jarak antar kata dengan cara memisah partikel kata dengan tanda hubung dan menyisipkan suku kata setelah tanda hubung ke baris berikutnya secara otomatis, dan menggabungkannya kembali bila area cukup luas, dalam rangka idealisasi jarak antar kata. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen, lalu manfaatkan perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka Hyphenation akan bekerja sesuai dengan job description-nya.
3. Group Page Background
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Page Background :
· Watermark : digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
· Page Color : digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
· Page Borders : digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Watermark atau tanda air sangat berguna saat suatu dukumen akan dipublikasikan hanya sebagai contoh dari dokumen aslinya. Agar bisa dibedakan antara dokumen “kelinci percobaan” tersebut dengan aslinya maka user dapat membubuhi tanda air berupa tulisan remang-remang di belakang teks. Selain itu, menu perintah tersebut juga digunakan untuk menghilangkan tanda air yang telah disematkan. Bahkan, disini user diberi kewenangan untuk mengkustomisasi tanda air di latarbelakang halaman. Watermark juga berguna untuk memberikan pesan tertentu di halaman latar.
· Page Color digunakan untuk mengatur warna latar halaman dokumen tergarap. Disini user disuguhi sejumlah pilihan warna opsional sebagai warna latar dokumen yang tengah diaktifkannya. Selain itu, user juga diberi peluang untuk masuk ke opsi lanjutan bila ingin mengatur warna latar dokumen garapannya secara lebih spesifik lagi. Jadi, dengan ini suatu dokumen menjadi lebih berwarna, sebagaimana hidup ini yang penuh warna-warni. Cuma yang perlu dicatat bahwa user perlu melakukan sinkronisasi antara teks dengan warna latar yang diinginkan. Bila warna teks yang dipilih berwarna gelap, usahakan agar memilih warna background yang agak cerah. Demikian juga sebaliknya. Jadi, antara warna background dengan warna teks harus kontras, namun jangan terlalu norak.
· Sedangkan Page Border digunakan untuk mengatur garis tepi halaman dokumen. garis tepi dapat berupa garis stamdar maupun dengan kustomisasi yang spesifik. Ini diperlukan, terutama saat menggarap brosur, piagam, dll. Saat user mengklik perintah Page Border tersebut maka ia akan masuk ke dialog box yang berisi pengaturan seputar border halaman.
4. Group Paragraph
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Paragraph :
· Indent : digunakan untuk mengatur batas teks;
· Spacing : digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Indent digunakan untuk mengatur batas teks sebelah kanan dan batas teks sebelah kiri. Disini user disuguhi 2 kotak, yakni Left dan Right. User pasti tahu bahwa Left digunakan untuk mengatur batas kiri paragraf, dan Right digunakan untuk mengatur batas kanan paragraf. Sebenarnya User bisa melakukannya di opsi Margins yang beralamat di group page Setup. Namun tak jarang di tengah garapan suatu dokumen perlu mengatur Indent kanan atau kiri. Contoh, kalimat kutipan panjang perlu Indent lebih dalam dibanding paragraf lainnya. Bila dalam hal ini user mengaturnya di Margins, maka paragraf lain juga berubah posisinya. Dengan perintah Indent di group Paragraph ini user dapat mengatur secara spesifik paragraf terpilih apagr indent-nya berbeda dengan paragraf standar lainnya bawaan pengaturan margins.
· Menu Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf, baik dengan paragraf sebelumnya (Before) maupun dengan paragraf sesudahnya (After). User dapat mengatur jarak paragraf dengan meng-klik panah ke atas dan panah ke bawah di sebelah kanan kotak Before atau After. Namun demikian, user dapat memberikan pengaturan lanjutan dari paragraf ini dengan meng-klik panah di sudut kanan-bawah group Paragraph ini.
5. Group Arrange
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Arrange :
· Position : digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
· Wrap text : digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
· Bring Forward : digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
· Send Backward : digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
· Selection Pane : menampilkan panel navigasi objek
· Align : digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
· Group : digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
· Rotate : digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
Penjelasan dari fungsi di atas :
· Position digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman. Disini user disuguhi opsi yang instan, dimana user hanya perlu menyeleksi objek, masuk ke menu ini, dan pilih posisi objek yang diinginkan. Dengan ini user dapat langsung menempatkan objek di tengah halaman, di tepi kanan atau kiri halaman, dll. Disini user diberi peluang untuk masuk ke pengaturan spesifik dalam hal ini.
· Berbeda dengan perintah Position, Wrap Text digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks. Dengan perintah ini user memungkinkan untuk mengatur posisi teks di depan objek, di belakang objek, di penjuru objek, di atas-bawah objek, dll. Bila user menyisipkan gambar ilustratif di paragraf terpilih, maka secara default posisi objek akan sejajar dengan baris teks. Bila diabaikan, hal yang lucu pun terjadi. Disini antara objek dan teks seakan-akan gajah dan semut berjalan beriringan dan tentunya si gambar akan boros tempat dan ruang. Disini user dapat memposisikan teks berada di segala penjuru objek sehingga terkesan rapi dan estetik. Malahan dengan perintah ini user dapat mengatur sendiri suatu Wrap Point (dengan edit Wrap Point) sehingga memungkinkan agar tulisan mengikuti lekuk tubuh yang aduhai.
· Berbeda dengan Wrap Text, Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya saja. Secara default, objek yang datang lebih akhir akan beridiri di depan objek sebelumnya. Pasalnya, bagaimana bila user ingin memindahkan objek ke depan objek lainnya? Tentu saja icon Bring Forward membantu perkara ini. Aktifkan objek dimaksud, lalu klik icon Bring Forward ini.
· Send Backward bekerja secara kontradiktif dengan Bring Forward. Icon Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya. Disini cara penggunannya pun sama dengan Bring Forward. Seleksi objek dimaksud, kemudian klik icon perintah Send Backward ini, maka objek terpilih akan berada di belakang objek lainnya.
· User yang akrab dengan aplikasi grafis bernama lengkap Adobe Photoshop (PS & son, he he he) tentu tidak asing lagi dengan icon perintah yang satu ini. Meskipun berbeda nama, tapi fungsinya mirip dengan aplikasi berbasis bitmap tersebut. Bahasa inggrisnya, bila di halaman dokumen terdapat sejumlah objek yang berjejal, tentu user merasa kewalahan untuk mengaktifkan serta mengelola objek yang diinginkan. Perintah Selection Pane memang dipermak demi menjawab kegalauan ini, Aktifkan icon Selection pane, akan muncul panel seleksi di kanan jendela. Dengan panel ini user hanya perlu meg-klik icon gambar tertentu di dalam Selection pane, dan setiap icon merujuk terhadap objek tertentu di halaman dokumen. Sehingga pekerjaan mengolah objek menjadi semakin mudah dan gampang, segampang user memilih objek di panel History dalam Adobe Photoshop.
· Perintah Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas. perintah ini tidak akan aktif bila objek terpilih berada di Wraping “In Line With Text”. User dapat mengatur posisi objek terpilih sehingga berada di tengah halaman, di bagian tepi, maupun di bagian lainnya sesuai keinginan. Disini juga disuguhi opsi lanjtan bagi user yang ingin melakukan property lanjutan dari suatu objek yang dipilihnya.
· Perintah Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup. Bila beberapa objek akan dikelola dengan pengaturan yang sama tentu akan lebih efisien bila user memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai ilustrasi, ada 2 ribu objek yang akan dikelola seara bersamaan. Bila disini user menggunakan cara konvensional, mungkin butuh 6 jam untuk memindahkan, memberi warna satu per satu. Dengan perintah Group, user cukup memilih semua objek dimaksud, meng-klik perintah group, dan sejanjutnya kelompok objek dapat diaktifkan hanya dengan sekali klik saja, maka objek dalam satu grup akan aktif semuanya.\
· Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih. Bila dalam suatu kasus, user ingin membuat gambar simetri lipat dari suatu bangun, buat suatu bangun datar, tekan Ctrl+D, kemudian klik perintah Rotate > Flip Horizontal. Sekarang user sudah membuat simetri lipat dengan segmen yang benar-benar sebangun.
D. Tab Reference terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
1. Group Table of Contens
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Arrange :
· Icon perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update Table. Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
· Perintah Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah kustomisasi tampaknya perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level 2), dll.
· Sedangkan perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
2. Grup Footnotes
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Footnotes :
Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
· Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan Anda menulis catatan kaki.
· Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
· Sedangkan Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
· Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show Notes tersebut.
3. Grup Citations & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur dalam kutipan daftar pustaka dari buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung.
Di kasus lain, seorang penulis masih perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik lagi tidak memihak, buku yang tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak keduanya (hehehe.. nasib, nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak perlu lagi selingkuh dengan buku catatan tradisional, group Citation & Bibliography membantu Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.
· Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
· Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
· Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
· Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional
4. Grup Captions
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Captions :
Group Captions secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
· Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tidak demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
· Sedangkan icon Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
· Icon Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghaps suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
· Icon perintah Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di halaman lainnya.
5. Grup Index
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Index :
Group Index secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3) Update Index.
· Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
· Sedangkan icon Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca akan memiliki navigasi untuk mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah buku. Icon Index membantu Anda dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan Anda.
· Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini di dokumen Anda.
E. TAB MAILINGS
1. Grup Create
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Create :
· Envelopes : Untuk membungkus kertas atau surat
· Labels : Untuk memberikan label dalam penulisan surat
2. Grup Start Mail Merge
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Start Mail Merge :
· Start Mail Marge : Untuk pemilihan bentuk surat yang harus di tulis
· Select Recipients : Untuk memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima
· Edit Recipients List : Untuk mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim
3. Grup Write & Insert Fields
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Write & Insert Fields :
· Highlight Merge Fields : Untuk menggabungkan surat yang diterima dan yang dikirim
· Address Block : Untuk pemilihan alamat surat
· Greeting Line : Untuk menyisipkan
· Insert Marge Fields : Untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
· Write & Insert Fields : Untuk menyisipkan dan menulis surat
· Rules : Untuk memberikan garis dalam surat
· Match Fields : Membandingkan surat
· Update Labels : Untuk memperbaharui label surat
4. Grup Priview Result
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Priview Result :
· Preview Results : Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
· Find Recipient : Untuk mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
· Auto Check for Errors : Untuk ngecek apa ada kesalahan dalam surat kita
5. Grup Finish
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Finish :
· Finish & Merge : Untuk menyelesaikan dan menggabungkan
· Finish : Untuk menyelesaikan surat
F. TAB REVIEW
1. Grup Proofing
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Proofing :
· Spelling & Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
· Research : Untuk mengetahui data pengulangan
· Thesaurus : Untuk mengecek ulang pembendaharaan
· Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris
2. Grup Language
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Language :
· Translate : Untuk menterjemahkan atau mentranslit data
· Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
3. Grup Comments
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Comments :
· New Comment : Untuk membuka lembar baru pada menyisipkan komentar
· Delete : Untuk menghapus data
· Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
· Next : Untuk melanjutkan kerja
4. Grup Tracking
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Tracking :
· Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
· Final: Show Markup : Untuk menampilkan tanda finising atau selesai
· Show Markup : Untuk menampilkan tanda atau menandai tampilan
· Reviewing Pane : Untuk mengecek ulang tulisan
5. Grup Changes
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Changes :
· Accept : Untuk mengulang atau mengecek sapa yang menerima
· Reject : Untuk mengulang atau melihat data apa yang telah di buang
· Previous : Untuk melihat ulang data yang lebih dahulu
· Next : Untuk melanjutkan ke hal yang berikutnya
6. Grup Compare
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Compare :
· Compare : Untuk mengecek perbandingan atau untuk membandingkan data
7. Grup Protect
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Protect :
· Block Authors : Untuk pengulangan sapa yang Pemilihan penulis buku
· Restrict Editing : Untuk mengedit lah yang terbatas
G. Tab View
1. Grup Documant Views
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Views :
· Print Layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
· Full Screen Reading : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
· Web Layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
· Document Views : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
· Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
· Draft : Untuk menulis surat perintah
2. Grup Show
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Show :
· Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
· Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
· Navigation Pane : Untuk mengetahui atau menjelajahi dunia tulisan
3. Grup Zoom
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Zoom :
· Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
· 100% : Merubah tampilan lembar kerja di windows menjadi 100%
· One Page : Untuk membuka satu halaman
· Two Page : Untuk membuka dua halaman
· Page Width : Untuk mengetahui ukuran halaman
4. Grup Window
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Windows :
· New Window : Untuk membuka candela baru
· Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen
· Split : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
· View Side by Side : Untuk melihat data yang telah disembunyikan
· Synchronous Scrolling : Untuk mengatur jarak antar baris
· Switch Windows : Untuk membuat beberapa jendela
5. Grup Macros
Fungsi-fungsi ikon pada Grup Macros :
· Macros : Untuk membuat tulisan jadi tiga kolom pada satu halaman
Kali ini sedikit saya tuliskan tentang Microsoft word 2010. Berikut terdapat 8 tab menu dalam microsft word 2010, diantaranya adalah :
- Tab menu file
Dalam tab menu file berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Save : untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As : untuk meyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Open : untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan
Close : untuk menutup lembar kerja
juga terdapat beberapa perintah seperti: nfo, recent, new, print, save and send, help, options, dan close.
- Tab menu home
Tab ini paling sering digunakan, karena menggabungkan semua fitur format teks seperti font, dan pengaturan paragraf. Dalam menu home berisi ribbon untuk pengaturan standart, antara lain :
- Ribbon Clipboard : berisi ikon untuk mengedit teks.
- Ribbon Font : untuk mengatur huruf
- Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraph teks
- Ribbon Styles : untuk mengatur model penulisan
- Ribbon Editing : untuk mencari karakter, kalimat pada dokumen atau menyeleksi teks pada dokumen
3. Tab menu Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai item dalam dokumen seperti gambar, clip art, halaman cover, tabel, text box, penomeran halaman, dan lain-lain.
- Ribbon Pages : untuk penambahan halaman
- Ribbon Tables : untuk menyisipkan tabel
- Ribbon Illustrations : untuk menyisipkan berbagai gambar
- Ribbon Links : untuk menghubungkan antarhalaman atau dengan file lain
- Ribbon Header & Footer : untuk membuat catatan dokumen dan penomeran halaman
- Ribbon Text : untuk menyisipkan variasi teks pada dokumen
- Ribbon Symbols : untuk menyisipkan simbol
4. Tab menu page layout
Tab ini digunakan untuk mengatur halaman seperti margin, tema, orientasi, dan lain-lain.
- Ribbon Themes : untuk mengatur tema dokumen
- Ribbon Page Setup : untuk mengatur halaman dokumen seperti batas, posisi, ukuran kertas pada dokumen
- Ribbon Page Background : untuk mengatur warna latar halaman dokumen
- Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraf
- Ribbon Arrange : untuk mengatur letak gambar dan teks
5. Tab menu References
Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen
- Ribbon Table of Contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
- Ribbon Footnotes : untuk menyisipkan catatan kaki
- Ribbon Citations and Bibliography : memasukkan kutipan dan daftar pustaka dalam dokumen yang sedang aktif
- Ribbon Captions : untuk menambahkan keterangan seputar gambar
- Ribbon Index : untuk mengatur indeks pada teks
- Ribbon Table of Authority : untuk mengatur kutipan dalam teks
6. Tab menu Mailings
Tab ini digunakan untuk mengirim surat seperti mencetak amplop dan label
- Ribbon Create
- Ribbon Start Mail Merge
- Ribbon Write & Insert Fields
- Ribbon Preview Results
- Ribbon Finish
7. Tab menu Review
Tab ini untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena masalah ejaan atau tata bahasanya
- Ribbon Proofing
- Ribbon Language
- Ribbon Comments
- Ribbon Tracking
- Ribbon Changes
- Ribbon Compare
- Ribbon Protect
8. Tab menu View
Tab ini digunakan untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman
- Ribbon Document Views
- Ribbon Show
- Ribbon Zoom
- Ribbon Windows
- Ribbon Macrosof
FUNGSI MENU DALAM MICROSOFT WORD
ToolBar Menu
ToolBar Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft Word. Yang termasuk didalam ToolBar Menu seperti dibawah ini:
1. Menu FileToolBar Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft Word. Yang termasuk didalam ToolBar Menu seperti dibawah ini:
- Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a. New : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka File yang pernah kita buat
c. Close : Menutup file yang sedang kita buka
d. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g. Web page Preview : Preview halaman web
h. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k. Sent To : Mengirimkan dokumen
l. Properties : Melihat detail
m. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a. Break : Berganti Halaman
b. Page Number : Penomoran halaman
c. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d. Symbol : Menyisip suatu simbol
e. Footnote : Membuat catatan kaki
f. Picture : Menyisip gambar
g. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
j. Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b. Research :Mencari dokumen tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
7. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel, baris dll
d. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a. New Window : Membuat lembar kerja window baru
b. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a. Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
Toolbar Standart
a. New Blank Document : Membuat file yang baru
b. Open : Membuka file yang telah disimpan
c. Save : Menyimpan dokumen
d. Permission : Menentukan izin akses dokumen
e. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
f. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
g. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
k. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
m. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q. Insert Table : Menyisip tabel
r. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
t. Drawing : Menampilkan menu Drawing
u. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
w. Help : Menampilkan Bantuan
x. Read : Membaca dokument halaman per halaman
ToolBar Formatting
a. Styles and Formating : Memformat huruf
b. Style : Jenis jenis huruf
c. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d. Font Size : Ukuran huruf
e. Bold : Menebalkan huruf teks
f. Italic : Membuat Teks menjadi miring
g. Underline : Menggaris bawahi Teks
h. Align Left : Perataan Kiri
i. Center : Perataan tengah
j. Align Right : Perataan kanan
k. Justify : Perataan kiri-kanan
l. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
m. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
n. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
o. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
p. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
q. Outside Border : Membuat border pada teks
r. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s. Font Colour : Mengatur Warna teks
Drawing ToolBar
Drawing ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar, Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb.
a. AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
b. Line : Menggambar garis
c. Arrow : Menggambar Anak Panah
d. Rectangle : Menggambar Kotak
e. Oval : Menggambar Lingkaran
f. Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
g. Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
h. Insert Diagram : Menyisip Digram
i. Clip Art : Membuat gambar
j. Insert Picture : Menyisip gambar
k. Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
l. Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
m. Font Color : Merubah warna huruf
n. Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
o. Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis putus-putus
p. Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garisq. Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
r. 3-D Style : Membuat efek 3 Dimensi pada objek gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar